Tips Menghemat Kuota Internet yang Wajib Dicoba

Siapa sih yang tidak ingin berhemat? Apalagi di tahun milenial ini, kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Punya smartphone tapi jika tidak mempunyai paket internet menjadi hal yang sangat tabu, benar bukan? Karena sangat pentingnya menghemat kuota, pada artikel kali akan kita bahas secara detail tentang cara menghemat kuota yang bisa Anda coba.

tips menghemat kuota

Pada pembahasan artikel ini memiliki 3 pokok inti, yaitu penghematan kuota dengan cara pengawasan (monitoring), kontrol (controlling), dan pencegahan (preventing). Yuk kita bahas satu per satu.

Tips pertama hemat kuota dengan pengawasan (monitoring)

Bagi pengguna Android, iPhone atau iPad, maupun Windows 10 proses pengawasan penggunaan kuota dapat dengan mudah dilakukan karena fitur monitoring data usage (pengawasan penggunaan data) sudah tersedia pada sistem. Sedangkan pada MacOS ada aplikasi khusus yang harus diinstall.

Pengguna Android - Untuk pengguna Android Anda dapat melakukan monitoring kuota pada menu Setelan, kemudian pilih Penggunaan data. Pada menu tersebut akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang banyak menguras kuota. Dengan fitur tersebut kini Anda bisa lebih tau aplikasi mana yang seharusnya tidak Anda gunakan terlalu sering. Atau jika Anda kurang puas dengan fitur bawaan Android, Anda dapat menginstall aplikasi serupa yang tujuan untuk memonitor penggunaan data yang Anda gunakan, salah satunya yaitu My Data Manager Manajer Dataku, GlassWire Data Usage Monitor, Data Usage Monitor, Internet Data Usage, Datally, dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan aplikasi serupa di Google Play. Bahkan, kebanyakan aplikasi data monitoring tidak hanya sebagai pengawas, tetapi juga sebagai kontrol dengan adanya fitur pengingat ataupun limit penggunaan data.

tips menghemat kuota di hp android

Pengguna iPhone atau iPad – Untuk pengguna iPhone ataupun iPad dapat dengan mudah menemukan fitur monitoring data usage pada menu Pengaturan > Data Seluler. Sama hal nya dengan fitur Android, pada pengaturan data seluler iPhone atau iPad ini juga akan ditampilkan data terpakai pada aplikasi-aplikasi yang sebelumnya pernah dijalankan.

tips menghemat kuota

Pengguna Windows 10 – Fitur Windows 10 menjadi semakin lengkap dengan adanya fitur data usage, yang membantu kita mengetahui sejauh mana penggunaan data atau konek internet. Anda dapat menemukan fitur ini pada menu Settings > Network & Internet > Data Usage > Usage details. Atau Anda juga dapat mencar aplikasi usage data yang lain di Microsoft Store dengan melakukan pencarian dengan kata kunci “data usage”.

tips menghemat kuota

Pengguna Mac OS – Untuk pengguna Mac OS bisa meng-install aplikasi tambahan seperti Bandwidth+ ataupun Loading. Kedua aplikasi ini akan membantu Anda untuk tetap memonitor penggunaan data internet yang digunakan.

Tips kedua hemat kuota dengan kontrol penggunaan data (controlling)

Setelah menggunakan fitur atau aplikasi monitoring data usage pada tips pertama di atas, langkah selanjutnya untuk menghemat kuota adalah dengan cara mengontrol penggunaan data. Bagaimana caranya? Kita akan bahas beberapa tips dalam mengontrol penggunaan data internet.

Matikan fitur sinkron otomatis

Kita ambil contoh pada pengguna Android, pasti Anda login akun Google disitu karena untuk bisa memasang aplikasi di Google Play Anda harus masuk ke akun Google terlebih dahulu. Ternyata, pengaturan standar pada Android adalah akun tersebut melakukan sinkronisasi otomatis. Untuk menghemat kuota, Anda bisa mematikan fitur Sinkronisasi otomatis atau Anda juga dapat memilih sinkronisasi hanya melalui Wi-Fi. Dengan mematikan fitur sinkronisasi otomatis ini diharapkan mampu menekan penggunaan data seluler Anda.

Gunakan Peta Offline

Aplikasi Maps ini ternyara banyak juga memakan kuota internet, oleh karena itu Anda dapat mengaktifkan fitur pada Maps dengan centang pilihan Hanya Wi-Fi, fitur ini bertujuan agar data seluler Anda tidak terpotong pada saat Anda tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat menggunakan menu peta offline dimana Anda hanya perlu mengaktifkan GPS saja tanpa perlu mengaktifkan data seluler.

Gunakan Browser dengan Fitur Kompresi dan AdBlock

tips menghemat kuota

Jika Anda sedang browsing internet yang harus Anda perhatikan adalah browser yang Anda gunakan. Pastikan browser yang Anda pakai sudah memiliki fitur kompresi halaman, atau lebih bagus lagi jika ada adblock di dalamnya. Hal ini akan membantu Anda untuk menghemat kuota internet Anda. Salah satu contoh browser yang bagus diantaranya Opera Mini, UC Browser, dan Google Chrome (dengan mengaktifkan data saver).

Matikan pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan aplikasi otomatis ini sangat berpengaruh besar terhadap penggunaan internet Anda. Untuk itu coba Anda matikan fitur ini atau Anda juga dapat memilih pembaruan otomatis melalui Wi-Fi saja. Mematikan fitur pembaruan otomatis ini dapat banyak menghemat kuota internet Anda.

Cegah Aplikasi Berjalan di Background

Terkadang, proses aplikasi yang berjalan di background memakan banyak kuota internet. Sehingga jika perlu, Anda dapat membatasi aplikasi berjalan di background. Beberapa merk pengusung Android menyediakan aplikasi khusus seperti Manager Seluler untuk mengontrol jalannya aplikasi, terkait perijinan jalan di background ataupun memulai otomatis. Anda dapat mematikan aplikasi yang pada tips pertama monitoring data usage, ditemukan aplikasi yang boros kuota.

Ubah Jaringan ke Mode 3G/2G

Ternyata penggunaan jaringan 4G lebih cepat menghabiskan kuota. Memang, jaringan internet lebih cepat daripada jaringan 3G apalagi 2G, namun efeknya pada kuota cepat habis. Untuk itu jika sangat diperlukan sekali, ataupun jika sedang kritis kuota Anda bisa menggunakan mode jaringan 3G / 2G untuk menghemat kuota Anda.

Tips ketiga menghemat kuota dengan pencegahan (preventing)

Pencegahan disini maksudnya adalah Anda mengawasi aplikasi-aplikasi yang terinstall apakah banyak mengandung iklan ataukah normal. Karena saat memunculkan iklan di dalam aplikasi itu juga banyak menghabiskan kuota, sehingga Anda harus tau aplikasi mana yang banyak menampilkan iklan. Anda juga dapat membandingkan aplikasi serupa, jika ada yang lebih baik atau sedikit iklan maka Anda sebaiknya mencopot aplikasi yang terlalu banyak iklan dan mengganti dengan aplikasi serupa yang sedikit menampilkan iklan.

Demikian tips menghemat kuota mulai dari monitoring, controlling, sampai preventing yang pastinya ampuh menghemat kuota Anda.


Solusi praktis isi ulang pulsa dan kuota.

0 Komentar


Belum ada komentar